Oleh: polrestimur | 9 Maret 2010

Profil Wilayah Jajaran Polres Metro Jakarta Timur


Polres Jakarta Timur dibangun pada tahun 1952 di atas tanah eks Belanda, seluas 4.000 m2. Tampil sebagai Kapolres pertamanya adalah RD Isa Wiguna. Kini dalam melindungi masyarakat Jakarta Timur dari ancaman kamtibmas, Polres Jakarta Timur didukung oleh sepuluh Polsek, masing-masing Polsek Pasar Rebo, Polsek Ciracas, Polsek Cakung, Polsek Jatinegara, Polsek Matraman, Polsek Pulogadung, Polsek Duren Sawit, Polsek Makasar, Polsek Kramat Jati, dan Polsek Cipayung.

Wilayah hukum Polres Jakarta Timur tergolong rawan terhadap konflik sosial. Setidaknya ada 11 lokasi rawan konflik di daerah ini, dengan lima katagori konflik sosial. Katagori pertama konflik antar suku bangsa yang sering terjadi di wilayah Cakung, Duren Sawit, Kramat Jati, Matraman, dan Pulogadung. Konflik antar pemeluk agama sering terjadi di Cipayung, Cakung, dan Duren Sawit. Konflik antar warga sering terjadi di Matraman dan Jatinegara. Konflik antar pelajar sering terjadi di Pasar Rebo, Matraman, Jatinegara, dan Pulogadung. Konflik antara preman sering terjadi di Duren Sawit, Cakung, dan Kramat Jati.

Selain konflik sosial, wilayah hukum Polres Jakarta Timur juga rawan terhadap permasalahan kontijensi karena bencana alam, terutama banjir. Ada tujuh daerah rawan banjir di Jakarta Timur, yakni Kramat Jati, Cawang, Kampung Melayu, Bidara Cina, Cipinang Muara, Cipinang Melayu, dan Kebon Pala. Banjir yang terjadi di Jakarta Timur umumnya diakibatkan besarnya curah hujan dan akibat banjir kiriman dari wilayah Bogor. Bencana banjir ini dapat terjadi dengan tiba-tiba dan menimbulkan korban yang kadang diluar dugaan.

About these ads

Responses

  1. SELAMAT ATAS TERBITNYA WEBSITE POLRES METRO JAKARTA TIMUR.


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: